Aplikasi Desain Rumah Sendiri Alternatif Jasa Arsitek dan Kontraktor

Pernahkah Anda memiliki ide untuk merancang rumah idaman Anda sendiri? Entah itu dari desain eksteriornya, interiornya, bahkan pernak-perniknya. Mengingat, menggunakan jasa profesional seperti arsitek dan kontraktor pastinya akan lebih membutuhkan biaya yang banyak.

Namun, kini Anda juga bisa membuat rancangan rumah idaman Anda dengan mudah hanya melalui sebuah aplikasi smartphone. Lantas, apa saja aplikasi tersebut? Langsung saja, berikut daftar aplikasi desain rumah sendiri yang bisa Anda coba.

1. Home Design 3D

Pertama, ada aplikasi Home Design 3D yang bisa Anda coba untuk mendesain rumah sendiri. Sama seperti namanya, aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat desain bangunan secara mendetail. Baik dari denah ruangannya, pola lantainya, aksesoris interior, hingga warna dinding rumah.

Nah, desain yang Anda buat bisa diubah ke dalam dua dimensi maupun tiga dimensi lho! Akan tetapi, Anda tidak bisa menggunakan keseluruhan fitur menariknya begitu saja. Anda diwajibkan untuk beralih ke akun premium jika ingin bebas menggunakan seluruh fitur di aplikasi ini.

2. Planner 5D

Berikutnya adalah aplikasi Planner 5D untuk mendesain rumah sendiri. Aplikasi ini juga menyediakan view mode yang berbeda dalam dua jenis. Di antaranya, yaitu view mode dua dimensi dan view mode tiga dimensi.

Tentunya, hal ini akan membuat Anda merasakan pengalaman mendesain rumah menjadi lebih nyata. Meskipun begitu, aplikasi ini tidak menyediakan fitur mendesain rumah yang lebih detail. Akan tetapi, ukurannya yang tergolong kecil cocok diinstal pada smartphone Anda jika sisa ruang memorinya tinggal sedikit.

3. Room Planner – Interior Design IKEA

Room Planner dari Interior Design IKEA ini sangat cocok Anda gunakan bila ingin merancang rumah secara mendetail hingga ke hal kecilnya. Seperti halnya penempatan lemari, meja dan kursi, pola lantai, jenis ranjang, wallpaper dinding, dan yang lainnya. Aplikasi ini cocok Anda gunakan jika menginginkan detail interior yang harus sesuai  dengan keinginan Anda.

Keinginan merancang desain rumah tinggal sendiri memang menjadi impian banyak orang. Namun, terkadang impian tersebut terhalang dengan budget yang dimiliki karena biaya sewa jasa arsitek dan kontraktor yang tidak sedikit. Nah, dengan menggunakan aplikasi desain rumah sendiri di atas, maka impian desain rumah sendiri Anda pun dapat tercapai.