Contoh Sumber Daya Alam Renewable dan Unrenewable Resource

Soal : Contoh sumber daya alam renewable dan unrenewable resource

Jawaban : 

Sumber daya alam renewable adalah sumber daya alam yang bisa diperbarui. Contohnya : air, udara, tanah, dan tumbuhan

Sumber daya alam unrenewable resource adalah sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui . Contohnya : emas, minyak bumi, gas, batu bara dan lainnya. 

Penjelasan : 

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang terdapat di alam baik berbentuk fisik ataupun hayati dimana semuanya ini dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Sumber daya alam di bumi memiliki banyak sekali manfaat agar terciptalah kesejahteraan dalam keberlangsungan hidup manusia. 

Sumber daya alam.sendiri mempunyai jenis yang beragam dan dikategorikan berdasarkan potensi, sifat dan juga macam-macamnya. 

👉 TRENDING:  Jelaskan Syarat Harta Yang Diwakafkan

Berdasarkan sifatnya sumber daya alam terbagi menjadi :

Sumber daya alam renewable

Sumber daya alam renewable ialah sumber daya alam yang bisa diperbarui. Sumber daya alam ini merupakan jenis yang didasarkan pada pemanfaatan dari manusia itu sendiri. Persediaannya bisa meningkat bahkan bisa menurun. Apabila dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, maka sumber daya alam bisa meningkat serta pulih kemudian bergenarasi kembali. 

Namun bisa menurun jika pemanfaatannya tidak baik dengan mengeksploitasi secara berlebihan. Contoh sumber daya alam renewable ini adalah air, matahari, tanah, hewan, tumbuhan dan udara. 

Sumber daya alam unrenewable resource

Kebalikan dengan sumber daya alam renewable, sumber daya alam unrenewable resource ini adalah sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Artinya sumber daya alam ini semakin lama diambil akan habis dan tidak bisa digunakan atau dimanfaatkan lagi. Contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui adalah gas, minyak bumi, emas, batu bara.

👉 TRENDING:  Sebutkan dan Jelaskan 4 Peran Pelaku Ekonomi

Sumber daya alam ini jumlahnya terbatas dikarenakan penggunaanya yang lebih cepat daripada dalam proses pembentukannya. Jika dikonsumsi atau diambil terus menerus akan dipastikan semua yang termasuk sumber daya alam ini akan punah dan habis. 

Dibalik penggunaan serta pemanfaatan yang tak terbatas, manusia dituntut dan berkewajiban untuk melestarikan segala sumber daya alam di bumi. Tujuan dari pelestarian ini agar generasi selanjutnya dapat merasakan manfaat dan menggunakan sumber daya alam untuk keberlangsungan hidup.

Hal ini adalah prinsip pembangunan yang berkelanjutan untuk selalu melestarikan alam. Dengan tetap melestarikan sumber daya alam di bumi maka selama itu pula segala kebutuhan hidup manusia akan terjamin kesejahteraannya. 

👉 TRENDING:  Sebutkan dan Jelaskan 4 Peran Pelaku Ekonomi

Originally posted 2022-05-23 10:10:15.